WEB BLOG
this site the web

AWAS, PSIKOSOMATIS

AWAS, PSIKOSOMATIS

Pernah sakit untuk alasan yang nggak jelas? Dokter sudah kasih resep, tapi kok pusing dikepalanya nggak hilang-hilang juga. Malah sampai migran. Ups…jangan buru-buru ambil kesimpulan secepat itu. Sebab bisa jadi yang salah bukannya tubuh kita tapi malah jiwa kita!
Tubuh dan jiwa: soulmate banget!
Sudah banyak penelitan dilakukan para ahli, yang semuanuya menunjuukkan adanya hubungan yang erat antara tubuh fisik dengan jiwa, ibarat sebuah kesatuan. Ketika terjadi sesuatu pada fisik kita, ternyata berpengaruh besar terhadap jiwa kita. Oleh para ahli, penyakit atau gangguan seperti itu biasa disebut istilah psikosomatis. Psiko berasal dari bahasa yunani, Psyche artinya jiwa sementara soma berarti tubuh atau raga. Gangguan psikomatis didefinisikan sebagai sebuah gejala fisik yang nggak bisa sepenuhnya dijelaskan oleh kondisi medis.
Dari yang ringan, sampai berat
Psikosomatis bisa terwujud dalam berbagai kondisi. Mulai dari yang simpel banget sampai yang berat dan membutuhkan penanganan bersama antara psikolog atau psikiater serta dokter. Contoh yang simpel, misalnya saat kita sedang mengikuti ujian disekolah. Lagi asyik ngerjain tugas, guru pengawas memberi pengumuman bahwa lembar ujian sudah harus dikumpulkan 5 menit lagi. Begitu kita cek ternyata masih banyak banget nomor yang belum kita jawab. Reaksi fisik apa saja yang biasa muncul saat kepanikan itu terjadi. Yang paling sering adalah jantung berdebar-debar.
Dari kejadian inilah terlihat bahwa keadaan emosi yang panik akan berpengaruh terhadap kinerja sistem syaraf otonom yang berfungsi mengendalikan organ jantung, otot dan suhu badan. Ketika kita sedang stress, sistem syaraf otonom akan bereaksi. Kalu kita nggak menyadari kemunculan psikosomatis ini, maka yang sering terjadi adalah kita bakal ke dokter terus dan rajin minum obat. Dalam kondisi yang lebih berat, psikosomatis bisa menyebabkan si penderita mengalami gejala fisik selama bertahun-tahun karena masalah psikologis yang tidak kunjung sembuh.
Wake up call
Sebelum salah paham, harus dimengerti dlu bahwa psikosomatis ini bukan penyakit bohongan, soalnya gejala fisik itu betul-betul ada. Mereka betul-betul merasakan sakit, Kepala pusing atau jantung berdebar-debar. Yang membedakannya dari penyakit biasa adalah reaksi fisik kali ini terjadi karena ada keseimbangan dalam tubuh yang terganggu akibat tekanan psikologis.
Jadi bila kita memiliki sebuah penyakit yang nggak kunjung sembuh meskipun sudah mengikuti berbagai anjuran dokter, bisa jadi itu adalah semacam alarm dari tubuh kita sendiri supaya kita sadar tentang betapa pentingnya memperhatikan kondisi kejiwaan kita. Kalau kita mengonsultasikan penyakit fisik ini ke dokter, biasanya mereka juga akan memberi tahu bilamana ada indikasi kita mengalami psikomatis.
Kalau dibiarkan secara terus-menerus gwjala ini bisa menyebabkan gangguan saat bergaul dengan teman-teman. Kebanyakan masalah psikologis yang mempengaruhi fisik itu bberhubungan dengan kecemasan besar, perasaan marah, perasaan sedih karena ditinggalkan seorang yang kita sayangi atau perasaan dipermalukan dan ditindas dengan orang lain.
Solusinya ?
Ketenangan itulah yang menjadi kunci utama dalam menyembuhkan psikomatis. Tapi kalau gangguan yang dirasakan memang sudah berat, ada kemungkinan kita memang harus memakai bantuan psikoterapis, atau minta bantuan psikiater untuk memberikan pengobatan anti-kecemasan. Kehadiran para dokter dan ahli syaraf juga penting, karena gejala fisik yang muncul juga harus ditangani secara medis.
Itu kalau gejala yang muncul sudah sangat parah. Tapi kalau kita rasakan masih ringan, nggak perlu mengikuti rangkaina pengobatan seheboh itu. Asalkan ada satu syarat utama yang harus kita penuhi yaitu kemauan untuk mengakui adanya persoalan psikis yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis kita. Soalnya sering kali kita merasa gengsi untuk mengakui kalau kita itu lemah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies